Tips Fotografi Pernikahan – Cara Memotret Foto Pernikahan

fotografi pernikahan

Pernikahan adalah hari yang paling berharga dalam hidup sepasang pengantin. Jika Anda seorang fotografer pernikahan, maka Anda bertanggung jawab untuk mengabadikan momen terbaik dan menciptakan memori yang tak terlupakan bagi pasangan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa kiat terbaik tentang cara mengambil foto pernikahan yang keren dan kesalahan fotografi pernikahan yang secara umum harus dihindari.

Berikut adalah beberapa konsep yang akan kami bahas:

  • Jangan lupa bawa rekan fotografer kedua
  • Datang dengan peralatan yang lengkap
  • Rencanakan pemotretan Anda
  • Ketahui siapa dan apa yang harus difoto
  • Abadikan momen-momen kecil

Tantangan dalam Fotografi Pernikahan (Wedding)

Fotografi pernikahan berbeda dari kategori fotografi lainnya. Biasanya pernikahan adalah acara satu kali seumur hidup, jadi hanya boleh ada sedikit ruang untuk melakukan kesalahan.

Tantangan pertama yang akan Anda hadapi adalah berurusan dengan pengantin dan keluarga pasangan.

Anda harus penuh perhatian saat menandatangani kontrak fotografi pernikahan. Baca dan setujui persyaratan bersama untuk menghindari gangguan ketika pemotretan berlangsung. Anda juga harus memutuskan jumlah total potret yang akan diberikan kepada pengantin.

Tantangan lain adalah waktu. Kebanyakan pernikahan berlangsung dalam jangka waktu yang pendek, kadang hanya beberapa jam saja, dan Anda harus mengabadikan setiap momen. Karena tidak akan ada pengulangan momen, Anda harus benar-benar kerja ekstra.

Berikut adalah beberapa tips fotografi pernikahan terbaik untuk membantu Anda berhasil dalam usaha ini.

Minta Bantuan Yang Sudah Berpengalaman

Anda harus mengetahui apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan saat memotret pernikahan. Dengan belajar dasar-dasar dari seorang fotografer yang sudah mahir, akan membantu Anda untuk menghindari kesalahan umum.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis fotografi pernikahan Anda sendiri adalah dengan membantu seorang fotografer pernikahan profesional.

Melalui pengalaman, Anda akan mempelajari teknik-teknik yang nantinya dapat Anda terapkan pada momen lain. Beberapa tips itu mungkin bukan hal baru bagi Anda sebagai seorang fotografer, namun akan ada banyak hal yang akan bisa Anda pelajari.

Cek Kembali Kamera Anda

Anda harus periksa semua gadget Anda dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Kami sarankan Anda meminjam kamera, lensa, dan lampu tambahan, sehingga Anda siap untuk keadaan yang tidak terduga.

Bawa Aksesori yang Cukup

Sebagai seorang fotografer profesional, jangan pernah melupakan hal-hal kecil.

Anda harus selalu membawa baterai dan kartu memori tambahan.

Jika bisa,  buat cadangan foto Anda di laptop secara rutin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data.

Jangan Pergi Sendirian

Anda tidak akan dapat membawa semua perlengkapan sendirian. Bantuan akan sangat dibutuhkan dalam hal fotografi pernikahan. Anda juga membutuhkan seseorang untuk membantu mengelola cahaya, menguji bidikan potret, dan memotret momen yang kemungkinan bisa Anda lewatkan.

Anda bisa meminta fotografer pernikahan lain untuk menjadi asisten Anda, dan menjadi fotografer kedua.

Rencanakan Pemotretan Anda

Anda harus meluangkan waktu ekstra untuk bagian ini. Ambil foto pengantin di berbagai lokasi yang menarik.

Pasangan tersebut akan mengikuti instruksi Anda. Kami sarankan Anda membicarakan dulu atau melakukan briefing kepada pengantin pada saat merencanakan pemotretan. Biarkan mereka memilih pose yang mereka inginkan untuk fotografi pernikahan mereka dan tambahkan hal tersebut dalam kontrak.

Bersabarlah dengan pengantin baru; iklan dari mulut ke mulut sangat penting untuk menumbuhkan bisnis fotografi dan seorang fotografer yang sabar adalah salah satu nilai plus yang akan mereka rekomendasikan.

Tangkap Momen Pertama Yang Tidak Akan Terjadi Lagi

Meskipun setiap foto adalah kenangan selamanya, Anda harus bertanya kepada pasangan tentang setiap momen spesial yang ingin mereka jepret.

Momen-momen ini contohnya adalah ijab kabul, sungkeman dengan orang tua, dll.

Anda harus penuh perhatian pada saat-saat ini karena peristiwa ini biasanya akan terjadi sangat cepat.

Kami sarankan Anda untuk rencanakan waktu untuk momen-momen ini, sehingga Anda dapat menangkap bidikan terbaik pada urutan yang tepat.

Anda harus rencanakan kapan pasangan masuk ke aula / masjid / gereja. Foto ketika masuknya pasangan harus diambil dari sudut yang berbeda.

Anda harus setting kamera pada kecepatan shutter yang tinggi dan langsung ambil beberapa foto, sehingga Anda punya pilihan untuk memilih beberapa gambar setelahnya.

Ambil Foto Reaksi Tamu Undangan

Foto dan perhatikan ekspresi kerabat, teman, dan keluarga di saat momen-moment tertentu.

Saat Anda sibuk memotret pengantin di acara pernikahan, minta asisten Anda untuk memotret ekspresi dari para tamu undangan.

Nah, itulah beberapa tips memulai pekerjaan sebagai fotografer wedding atau pernikahan. Semoga berhasil!