12 Tips Perencanaan Wedding dan Pernikahan

wedding planning

Pastikan hari istimewa Anda berjalan tanpa hambatan dengan saran kami yang sangat mudah. Dari mulai tempat wedding hingga ke daftar tamu, disini saya punya tips perencanaan pernikahan untuk memastikan hari besar Anda bebas dari kekurangan yang tidak diharapkan.

12 Tips Perencanaan Pernikahan (Wedding)

 1. Mulai perencanaan pernikahan lebih awal

Anda mungkin memiliki rencana sebagai tanggal pernikahan yang ideal, tetapi jangan berpikir itu berarti Anda harus menunggu dua tahun sebelum Anda mulai merencanakan. Semakin awal Anda melakukannya, semakin mudah, dan semakin tidak stres ketika hari pernikahan mulai mendekat. Memiliki rencana yang jelas sebelum Anda mulai akan membantu dan memastikan Anda tidak melupakan sesuatu yang penting. Tempat, jumlah daftar tamu, dan anggaran harus selalu menjadi tiga hal yang pertama Anda perhatikan.

2. Rencanakan Anggaran

Jangan habiskan dana sampai Anda menetapkan anggaran yang realistis yang tidak akan membuat biaya menjadi terlalu mahal. BIasanya, kesalahan umum yang biasa dilakukan orang adalah melupakan biaya-biaya tambahan kecil. Agar anggaran tepat, Anda harus memperhitungkan setiap detailnya. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti pakaian untuk among tamu, hadiah, dan biaya kecantikan.

3. Minta Bantuan

Meskipun ini adalah hari besar Anda, teman dan keluarga Anda akan sangat bersedia untuk membantu dan ingin terlibat dalam perencanaan. Dengan mendapatkan bantuan dari orang yang Anda percayai, Anda akan merasa bahwa Anda bisa jujur bahwa segalanya mungkin tidak akan persis seperti yang Anda inginkan!

4. Selektif dengan daftar tamu

Sortir daftar tamu lebih awal sangatlah penting sehingga Anda bisa fokus untuk menemukan tempat nikahan yang cocok dengan jumlah tamu Anda. Biaya per kepala kemungkinan besar akan menjadi pengeluaran terbesar Anda, jadi jangan merasa bersalah untuk mengundang orang-orang yang memang tidak ingin Anda undang. Ini merupakan keputusan terbesar dan tersulit dalam keseluruhan proses perencanaan, namun harus menjadi keputusan utama Anda.

5. Lokasi dan Jarak ke Tempat Pernikahan

Anda mungkin ingin mengadakan pernikahan di luar dari area tempat tinggal Anda saat ini, , tetapi pastikan jarak tempat acara nikahan tidak terlalu jauh dari lokasi mayoritas daftar tamu Anda, karena bisa jadi akan lebih sedikit orang yang bisa hadir. Ini juga akan mempengaruhi penentuan waktu hari Anda – misalnya, Anda tidak dapat mengharapkan tamu yang di Bandung tiba di Jakarta pada pukul 11.00. Hal ini sangat penting jika Anda merencanakan pernikahan di luar kota. Untuk amannya, jangan harapkan bahwa semua orang memang bisa hadir.

6. Pastikan Anda memiliki Rencana Cadangan

Walaupun Anda tidak ingin memikirkannya, pasti akan ada saja yang tidak beres pada hari H. Hal ini bisa berupa apa saja, dari masalah dengan katering hingga cuaca hujan (meskipun perkiraan cuacanya cerah). Rencanakan alternatif untuk setiap skenario dan perhitungkan apa pun yang mungkin tidak sesuai dengan rencana, sehingga Anda tidak stres dan panik pada hari H.

7. Pilih Partner Yang Tepat

Pengiring pengantin Anda harus menjadi dukungan terbesar Anda selama proses perencanaan, jadi pilihlah dengan bijak. Teman yang baru saja Anda kenal atau sepupu yang jarang Anda temui bukanlah pilihan terbaik. Lebih baik memilih saudara perempuan Anda, sahabat lama atau saudara dekat.

8. Sewa fotografer Wedding terbaik yang Anda bisa

Album pernikahan Anda adalah cara Anda menghidupkan kembali kenangan berharga hari pernikahan Anda, jadi jangan anggap remeh pentingnya seorang fotografer. Teliti dengan cermat dan temukan seseorang yang mengerti persis apa yang Anda inginkan.

9. Pilih Menu Katering Yang Tepat

Salah satu poin pembicaraan terbesar di setiap pernikahan adalah makanan. Dari kambing guling hingga prasmanan sampai dengan roti panggang dan keripik, semakin enak semakin baik! Hindari untuk berhemat di masalah menu ini – tamu yang kelaparan tidak pernah menjadi kesan yang baik!

10. Acara harus luar biasa, tapi jangan berlebihan

Semua orang ingin terlihat keren dalam foto pernikahan mereka, jadi jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri, sekaranglah saatnya untuk mengimplementasikan rencana makan sehat dan beberapa latihan sederhana untuk mengencangkan tubuh Anda. Di sisi lain, jangan lakukan diet ekstrem karena tidak baik untuk kesehatan. Ingatlah bahwa pengantin Anda menikahi Anda karena apa adanya!

11. Rencanakan Tata Rias dan Makeup Yang Tepat

Penyebab utama di sini adalah terlalu banyak makeup, alis berwarna dan terlalu banyak alas bedak. Ya, Anda harus mengenakan make-up yang sedikit lebih rumit supaya terlihat lbih menonjol di foto, tetapi jangan terlalu berlebihan!

12. Berikan juga Tanggung Jawab pada Pengantin Pria

Tunangan Anda mungkin belum merencanakan pernikahannya sejak ia berusia lima tahun, tetapi ia pasti memiliki ide dan pendapatnya sendiri dan ingin mengatakan pendapatnya ketika merencakan bersama. Dengarkan apa yang dia katakan dan ingatlah hari ini pernikahan itu adalah hari spesialnya dia juga. Kebanyakan pria suka terlibat dengan menu, musik, dan anggaran yang mendetail.